Ciri Khas Melawak di Tiap-Tiap Negara

Melawak adalah sesuatu kesenian yang unik, lucu adalah modal utama seorang pelawak untuk menerima balasan dari penonton berupa tawa. Apapun dapat dilakukan oleh pelawak agar dapat memancing tawa, mulai dari penyampaian cerita humor, bertingkah bodoh, menirukan sesuatu atau seseorang, dan lain-lain. Namun tahukah Anda, seni melawak di tiap negara memiliki ciri khas tersendiri ? Dari yang berpenampilan sopan hingga yang tidak karuan, dari yang sendiri hingga yang “1 kelurahan” ikut bermain dalam acara lawak, dan lain-lain. Sekarang kita intip beberapa negara yang memiliki ciri khas melawak yang unik, di antaranya : 

1. Jepang ( Manzai )
Yang kanan mirip Pak Mario Teguh 
Lawakan khas Negara Jepang ini biasanya dibawakan oleh 2 orang yang berpenampilan rapi (kimono atau jas), pasangan pelawak manzai disebut kombi. Pembagian tugas di antara 2 orang ini terjalin dengan baik. Salah satu pelawak dapat berperan sebagai “si pintar” dalam bahasa Jepang nya adalah tsukkomi dan seorang lagi yang berperan sebagai “si bodoh” dalam bahasa Jepang nya adalah boke.

Peran boke atau si bodoh dalam pertunjukkan manzai adalah untuk menyampaikan cerita dengan keluguannya, sehingga cerita yang disampaikan terkesan janggal, aneh atau lucu. Pelawak yang berperan sebagai si pintar ini bertugas menyela cerita si bodoh sambil sesekali memukul kepala si bodoh dengan kipas sehingga menimbulkan tawa.

Namun bukan berarti lawakan manzai hanya mengandalkan keluguan dari si bodoh melalui cerita-ceritanya atau adengan tertindasnya si bodoh (boke) saja. Cerita yang bersifat ngawur atau janggal yang diceritakan oleh si bodoh terkadang hal lucunya tidak disadari oleh penonton. Untuk itu disinilah fungsi peran tsukkomi untuk menandai letak kelucuan dari cerita atau lawakan si bodoh. Dengan membetulkan beberapa bagian dari cerita yang dibuat pelawak boke maka akan tersingkap betul kebodohan dari pemeran boke atau si bodoh.

Latar belakang cerita yang biasanya diangkat oleh pelawak manzai ini adalah tema kehidupan keseharian masyarakat Jepang. Dan berikut adalah pasangan manzai yang terkenal Yumeji Itoshi dan Kimi Koishi, Yasushi-Kiyoshi (Yokoyama Yasushi dan Nishikawa Kiyoshi), Two Beat (Beat Takeshi dan Beat Kiyoshi).


VIDEONYA GAN
  
2. Amerika ( Stand Up Comedy )
Melawak sendirian di depan sebuah panggung tanpa ditemani lawan bicara adalah ciri khas dari lawakan ini. Pelawak menggunakan microphone untuk menyampaikan lawakannya di depan penonton secara langsung. Pelawak menyampaikan cerita-cerita lucu, menirukan gaya sesuatu, atau bahkan menyindir beberapa penontonnya. Pelawak stand up comedy dituntut agar sering mendapatkan tawa penonton, untuk itu cerita-cerita lucu yang disampaikan harus secepat mungkin menuju inti lawakannya.Akhir-akhir ini Stand Up Comedy pun mulai berkembang di Indonesia. 

Kecerdasan dan ketenangan pelawak stand up comedy harus sudah sangat terlatih, karena jika salah satu ceritanya kurang atau bahkan tidak direspon dengan baik oleh penonton (tidak lucu) maka pelawak harus segera berganti topik atau menceritakan cerita lucu lainnya agar mood penonton tidak bosan.

Ciri khas lainnya adalah dalam stand-up comedy, lawakan tidak disertai oleh alunan musik. Namun biasanya dalam lawakan ini, pelawak akan diringi oleh dentuman drum. Dentuman drum pun memiliki dentuman yang khas, dan biasanya akan berbunyi di saat pelawak menceritakan inti cerita lucunya. Jeda waktu tunggu reaksi tawa penonton akan diisi oleh dentuman drum ini.

Di Amerika banyak pelawak stand up comedy, namun beberapa nama berikut adalah yang paling popular, diantaranya : Russel Peters, Steve Martin, Chris Rock, dan lain-lain.

Stand Up Comedy Indonesia

VIDEO STAND UP COMEDY INDONESIA VERSI BABE CABITA


3. China ( Xiansheng)
Lawakan dari Negeri Panda ini memiliki ciri khas tersendiri. Biasanya lawakan dibawakan oleh 2 orang atau lebih. Lawakan yang ditonjolkan oleh pelawak Xiangsheng ini adalah gaya satir. Satir adalah lawakan atau humor yang disampaikan secara cerdas, dimana penonton yang menikmatinya juga harus memiliki pengetahuan agar dapat menangkap makna lucu dari lawakan xiangsheng ini. Contoh mudah untuk menggambarkan lawakan gaya satir adalah acara Republik Mimpi atau Negeri Impian yang ditayangkan di Indonesia.

Xiangsheng didominasi oleh lawakan yang berisikan sindiran kepada pemerintah yang beritikad tidak baik seperti korupsi, kolusi, dan lain-lain. Namun para pelawak xiangsheng pun tidak bias sembarangan menyindir pemerintahan China melalui humornya. Lawakan atau humor yang disajikan pun harus dipersiapkan dengan matang agar tidak merembet ke masalah yang dapat menjerumuskan pelawak ke jalur hukum. Pelawak Xiangsheng yang terkenal di antaranya : Hou Baolin, Ma Sanli, Liu Baorui, dan lain-lain

4. Indonesia ( Grup Lawak )
Untuk ciri khas lawak yang satu ni pasti anda sudah pada tau.Lawak dari Indonesia yang sekarang sedang bersinar adalah grup lawak.
Dalam grup lawak terdapat beberapa personil pelawak yang berdiri dalam satu grup atau berkumpul dalam satu acara televisi.
Grup-grup lawak terkenal saat ini adalah Opera Van Java,Cagur,dan yang sekarang sedang Populer adalah Indonesia Lawak Klub.


5. Indonesia ( ILK )
 Lawakan Indonesia selalu berlatarbelakang suatu cerita. Para pelawak selain melawak, mereka juga akan memerankan seorang tokoh yang diambil dari cerita kehidupan sehari-hari, cerita dongeng, mitos, dan lain-lain. Ditambah dengan kehadiran bintang tamu guna melengkapi cerita secara utuh dan menambah segar suasana.

Lawakan Indonesia saat ini masih bersifat agak kasar. Lawakan yang berisikan sindirian atau ejekkan kepada lawan bermain sering dilontarkan mulai dari sebutan “Tong Setan”, “Jamblang”, “Taplak” , dan lain-lain. Terkadang lelucon yang menggunakan lelucon fisik seperti menjatuhkan lawan bermain sehingga menimbulkan tawa. Dengan lawakan yang agak kasar, maka para pelawak pun harus memiliki konsikuensi dan kesabaran agar tidak marah saat dikerjai lawan bermainnya. Kadang dalam lawakannya mereka sering terdengar curhatan mereka sambil tetap tersenyum : ”Nyari duit ko gini-gini amat ya” .

Share This :

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Title : Ciri Khas Melawak di Tiap-Tiap Negara
Reviewed By : Clinton Junts
Blog Rate : 5 dari 5
Semoga artikel dengan judul Ciri Khas Melawak di Tiap-Tiap Negara ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu anda untuk membaca artikel ini.
Jika Anda menyukai artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman Artikel setiap ada artikel yang terbit di Juntak Blog

Related Post:

Comments
0 Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar :)

 
Back to top