Pakar IT Beberkan Cara Tangkal Penyadapan

Penyadapan

Penyadapan pada ponsel maupun perangkat mobile tidak hanya berkaitan pada produk perangkat saja. Sebab, perangkat teknologi tak seluruhnya dibuat oleh para vendor.

Meski vendor perangkat telah menyatakan produknya tersertifikasi, namun terdapat komponen dan sistem operasi yang diproduksi pihak ketiga. Celah ini memungkinkan ditanamkan malware atau komponen penyadapan.

Kondisi itu tak dipungkiri pakar IT, Teguh Prasetya. Meskipun para vendor perangkat telah menyatakan produk mereka tersertifikasi, Teguh berpendapat pengguna perangkat harus waspada dengan sistem operasi yang berjalan di atasnya.

"Masing-masing hardware punya sistem operasi masing-masing. Apakah selalu setiap sistem operasi terstandarisasi?" kata Teguh usai diskusi di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu 26 Maret 2014.

Ia mengatakan rata-rata pengguna perangkat bahkan tidak mengetahui sumber kode sistem operasi yang dipakai mereka. Sementara itu, pengetahuan kode sumber itu penting.

Teguh mengatakan, dengan masuk ke teknologi, terlebih teknologi digital, maka sebenarnya potensi penyadapan sangat mudah. Kuncinya yakni kesadaran pengguna untuk selalu memonitoring perangkatnya. Ia menyebutkan pengguna harus intens mengaudit keamanan perangkat.

Produk dalam negeri
Sedangkan pakar IT dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Agung Harsoyo, menambahkan, di sisi yang lebih luas, dengan adanya beberapa kali isu penyadapan, negara harus meningkatkan keamanan informasi nasional.

"Selain itu mengembangkan kapabilitas bangsa. Misalnya buat hanphone bikinan dalam negeri," kata dia.

Agung menjelaskan dengan memproduksi produk di dalam negeri, dengan sendirinya akan meningkatkan pemahaman seluruh fungsi komponen yang terdapat dalam ponsel.

"Dengan cara itu, kita akan tahu end to end keamanan. Nantinya kita bisa bikin enkripsi," imbuhnya.

Agung kurang sependapat jika aspek keamanan dibebankan kepada operator telekomunikasi. Terlebih lagi, tambah dia, operator kadang mengadopsi peralatan jaringan milik pihak ketiga. Untuk keamanan tiap elemen jaringan, kata Agung, operator menyerahkan pada orang luar atau pihak ketiga.

"Jadi kurang pas keamanan dibebankan kepada operator. Tugas mereka mengurusi bisnis," katanya.

Share This :

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Title : Pakar IT Beberkan Cara Tangkal Penyadapan
Reviewed By : Clinton Junts
Blog Rate : 5 dari 5
Semoga artikel dengan judul Pakar IT Beberkan Cara Tangkal Penyadapan ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu anda untuk membaca artikel ini.
Jika Anda menyukai artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman Artikel setiap ada artikel yang terbit di Juntak Blog

Related Post:

Comments
0 Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar :)

 
Back to top