Sering Dijiplak, Bos Desain Apple Murka

Jonathan Ive

Kepala desain Apple, Jonathan Ive, merasa geram dengan masalah penjiplakan atas produk Apple oleh beberapa produsen perangkat bergerak.

Dalam sebuah wawancara dengan Engadget, Ive mengatakan, untuk menghadirkan produk Apple dengan desain seperti yang ada pada hari ini, ia butuh kerja keras dan serius.
Mulai dari munculnya gagasan, mencari inspirasi, serta mewujudkannya dalam bentuk produk, adalah rangkaian proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang lama.

Misalnya, untuk menghadirkan desain iMac. Ia dan timnya menghabiskan waktu berbulan-bulan. Tak jarang mereka gagal.
"Itu bukan soal keindahan produk saja. Kesuksesan kami adalah kemenangan atas kemurnian, integritas, dan kepedulian terhadap keinginan konsumen," ujar Ive, dikutip Engadget, Senin 17 Maret 2014.

Karena itu, ia sangat murka ketika desain dan ide Apple hadir di perangkat lain.
"Itu pencurian. Apa yang dijiplak bukan hanya desain, tapi ribuan jam perjuangan keras kami. Kami butuh bertahun-tahun untuk berinvestasi," tegas Ive. 

Dia pun menyindir siapapun yang menyukai produk jiplakan Apple. "Kami dikelilingi oleh orang-orang yang membeli produk (jiplakan) itu. Mereka seolah tak peduli, sama halnya dengan pembuat produk," kata dia. 

Namun begitu, Ive masih bersyukur, Apple mampu mempertahankan kesuksesannya. Produk Apple tetap laku, dan banyak pelanggan tidak terdorong membeli produk Apple "murahan" karena iming-iming harga lebih murah. 

"Banyak produk Apple mengubah hidup seseorang. Memang mahal. Tapi, kami tidak merugi karena harga," tutur Ive.

Jonathan Ive

Share This :

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Title : Sering Dijiplak, Bos Desain Apple Murka
Reviewed By : Clinton Junts
Blog Rate : 5 dari 5
Semoga artikel dengan judul Sering Dijiplak, Bos Desain Apple Murka ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu anda untuk membaca artikel ini.
Jika Anda menyukai artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman Artikel setiap ada artikel yang terbit di Juntak Blog

Related Post:

Comments
0 Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar :)

 
Back to top