Terungkap, Dahsyatnya "Mesin" Mata-mata NSA

NSA
Kantor pusat NSA di Fort Meade, Maryland, AS.
Sebuah bocoran dokumen terbaru dari whistle blower Edward Snowden menguak kehebatan "mesin" National Security Agency (NSA) dalam menjalankan kegiatan mata-mata. Mesin pengintai dan penyadap tersebut berupa aplikasi digital jahat atau biasa disebut malware.

Badan intelijen AS ini memiliki sistem bernama "TURBINE" yang bisa menyebarkan jutaanmalware dalam satu waktu. TURBINE berada di bawah unit peretas NSA yang bernama Tailored Access Operations (TAO).

Dokumen yang dikutip The Register dari TheIntercept mengungkapkan bahwa TURBINE sanggup menangani malware yang menginfeksi komputer dalam "skala besar (jutaan unit)" melalui sistem otomatis yang mengendalikan implan malware secara berkelompok.

TURBINE memiliki "sistem ahli" yang secara otomatis akan memilih jenis malware yang cocok dengan target dan situasi tertentu, lalu memasangnya di komputer sasaran. Dengan demikian, sistem ini hanya membutuhkan sedikit campur tangan manusia untuk bisa berjalan.

Jenis malware misalnya yang berkode nama "GROK" yang bisa merekam ketikan kibor, "CAPTIVATEDAUDIENCE" yang bisa merekam suara lewat mikrofon, atau SALVAGERABBIT yang bisa menyalin data dari media penyimpanan komputer.

Rancangan sistem NSA ini mirip dengan senjata cyber canggih lainnya yang pernah membuat heboh di dunia maya, seperti Stuxnet dan Flame. Kedua program itu diduga juga sengaja dibuat oleh negara tertentu.

NSA telah mengaktifkan TURBINE setidaknya sejak Juli 2010 dan telah menginfeksi hingga 100.000 komputer.

TURBINE juga terhubung ke sistem sensor NSA bernama "TURMOIL" yang menyadap jaringan komputer di seluruh dunia untuk memantau lalu lintas data dan mengidentifikasi target potensial. TURMOIL bisa melacak sasaran melalui alamat e-mail atau IP, atau cookies dari situs-situs seperti Google, Microsoft, Twitter, dan Yahoo!.

Share This :

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Title : Terungkap, Dahsyatnya "Mesin" Mata-mata NSA
Reviewed By : Clinton Junts
Blog Rate : 5 dari 5
Semoga artikel dengan judul Terungkap, Dahsyatnya "Mesin" Mata-mata NSA ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih sudah meluangkan sedikit waktu anda untuk membaca artikel ini.
Jika Anda menyukai artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman Artikel setiap ada artikel yang terbit di Juntak Blog

Related Post:

Comments
0 Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar :)

 
Back to top